LMS Blog

Info Lengkap Seputar Penangkal Petir

Penangkal Petir Internal (surge arrester) / Perlindungan Perhadap Elektronik & Data

Publish in: 25 Agustus 2020


Test Post

Penangkal petir internal (surge arrester) dapat melindungi diantaranya peralatan elektronik, genset, panel-panel PLC dan peralatan lainnya. Penangkal Petir internal (surge arrester) dapat melindungi sambaran tidak langsung, seperti sambaran melalui jalur listrik, data & PABX. Berikut penjelasan jenis-jenis sambaran tidak langsung : Sobat Petir Harus tau loh ternyata kerusakan yang disebabkan petir itu terbagi menjadi 2, yaitu:

a. Saluran Daya (powerlines) :

Transient yang muncul pada saluran daya, adalah melalui sambaran langsung pada saluran udara. Hasilnya adalah efek sambaran tidak langsung terhadap fasilitas terdekat ketika over voltages masuk ke bangunan via saluran daya. Suatu sambaran dekat juga memiliki kemampuan untuk mengubah ground potensial diantara sistem terkoneksi.

b. Saluran Telepon :
Petir merupakan penyebab adanya transien yang sudah lazim pada suatu saluran telepon. Sama halnya dengan saluran daya, saluran telepon baik yang ditanam dan yang berada diatas cenderung untuk mendapat induksi dari sambaran petir. Sebagai tambahan, AC power lines, yang dipasang parallel dengan kabel telepon, menyebabkan adanya transien dalam beberapa cara. Suatu saluran daya dapat turun dan melintasi (cross) kabel telepon. Jika gangguan saluran daya terjadi, maka arus besar yang berhubungan dengan ini, menghasilkan over voltage melalui induksi.


c. Saluran Data Komunikasi :
Sistem komunikasi antara pusat komputer dan lokasi yang terpencil/jauh biasanya dilengkapi via modem yang tersambung pada saluran telepon yang telah disediakan atau dengan sambungan data cepat (high speed data links) menggunakan kabel perisai (shielded)s. Kedua kasus tersebut ditujukan kepada jenis transien yang sama, seperti saluran telepon.

Created by : PT Lancar Makmur Sejahtera

#PenangkalPetir #AntiPetir #JasaPenangkalPetir #Grounding #Bakiral #LPI #KURN #ERICO #LightningCounter #JasaPenangkalPetirJakarta #PenyalurPetir #izinDepnaker #PenangkalPetirBerkualitas #Surge Arrester

About LMS

PT LMS merupakan perusahaan penangkal petir & grounding sejak tahun 1999.

Perusahaan kami telah menangani ribuan proyek anti petir, penangkal petir & grounding di seluruh indonesia. Kami juga melayani proyek elektrikal baik Design, Pengadaaan barang elektrikal & Jasa Instalasi Elektrikal.